Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an

Kementerian Agama Republik Indonesia

Petunjuk Teknis

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pencetakan Al-Qur'an

  1. Sebelum penerbit melakukan cetak mushaf Al-Qur'an, terlebih dahulu harus melakukan cetak percobaan dan segera dikirimkan kepada Lajnah untuk diteliti.
  2. Cetak massal baru boleh dilakukan apabila telahh ada persetujuan dari Lajnah.
  3. Harus dilakukan kontrol dan pengawasan yang ketat selama proses cetak berlangsung, agar tidak terjadi tulisan yang kabur, botak, rusak, terpenggal atau kesalahan lainnya.
  4. Semua bahan yang dipergunakan untuk mencetak Al-Qur'an harus menggunakan bahan-bahan yang suci.
  5. Sisa dari bahan-bahan Al-Qur'an yang tidak dipergunakan lagi harus dimusnahkan/dibakar, untuk menjaga agar tidak dipergunakan sebagai bahan pembungkus atau keperluan lainnya.
  6. Penyimpanan hasil cetakan, baik yang masih dalam proses pencetakan, maupun yang sudah selesai dan tersimpan di gudang, harus diberi alat yang suci.
  7. Untuk menghindari kesalahan teknis dalam penjilidan, harus diperhatikan kebenaran urutan halaman.
  8. Sewaktu-waktu anggota Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an akan mengadakan pemeriksaan proses jalannya pencetakan Al-Qur'an .

Tentang kami

Lajnah Al-Qur'an Adalah lembaga yang tugas utamanya melakukan pentashihan, pembinaan dan pengawasan terhadap produk-produk penerbitan mushaf Al-Qur'an baik cetak maupun elektronik.
Lembaga ini juga mempunyai tugas melakukan pengkajian Al-Qur'an, pengembangan, penerbitan mushaf, terjemah dan tafsir Al-Qur'an, serta melakukan sosialisasi hasil pengkajian tafsir Al-Qur'an.

Alamat

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an

Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal,
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416466, 8416467
Fax: (021) 8416468